Antibiotik atau Antibiotika bagi tubuh adalah segolongan senyawa yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia / mikroba di dalam tubuh, khususnya dalam proses serangan infeksi oleh bakteri.

Definisi antibiotik pada awalnya adalah suatu senyawa (substance) yg dihasilkan oleh satu mikroba, yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba lain. namun beberapa dekade terahir difinisi antibiotik berubah menjadi : suatu senyawa yang dihasilkan oleh suatu mikroba, atau yang diproduksi seluruh atau sebagian nya secara sintesis kimia, yang dalam konsentrasi kecil dapat menghambat pertumbuhan mikroba lain,

Antibiotik beberapa dekade terahir dikembangkan dan diproduksi berbasis laboratorium dan dikembangkan dengan sistem industri.   Antibiotika berbahan dasar pengolahan menggunakan sintesis kimia bekerja mirip ‘pestisida’ yang menekan atau memutus satu mata rantai metabolisme dengan target ‘bakteri’.

Penggunaan / konsumsi antibiotik yang diproduksi berbasis laboratorium dan dikembangkan dengan sistem industri jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan terus menerus berefek kurang baik bagi tubuh kita. salah satunya semakin meningkatnya resistensi bakteri dalam tubuh, dan yang tidak kalah penting adalah semakin beratnya tugas / fungsi ginjal kita saat mengonsumsi antibiotik berbahan dasar pengolahan menggunakan sintesis kimia.

Nah, mengetahui kelemahan pemakaian antibiotik  itu, penulis sendiri telah menghentikan konsumsi antibiotik ( berbahan dasar pengolahan menggunakan sintesis kimia ) hampir 15 tahun. untuk memerangi serangan bakteri merugikan di tubuh, berikut info lengkap Antibiotik alami yang mudah didapat disekitar kita:

 

Kunyit
Kunyit memiliki senyawa yang disebut dengan kurkuminoid, dan lebih penting lagi mengandung kurkumin. Kandungannya ini membuatnya menjadi anti-inflamasi dan anti-oksidan yang yang bagus dan cukup kuat. Kurcumin adalah zat bioaktif yang melawan peradangan pada tingkat molekuler dengan menghalangi molekul tertentu masuk dan mengganggu fungsi seluler yang tepat.
Kunyit-Antibiotik

 

Bawang Putih:
Bawang putih mentah yang dikunyah mengandung senyawa yang disebut dengan allicin yang memiliki sifat mirip dengan penisilin. Selain sebagai antibiotik, bawang putih juga berfungsi sebagai anti virus, anti parasit, anti jamur dan antioksidan. selama ribuan tahun, bawang putih telah digunakan sebagai obat penyakit ringan dan bahkan penyakit serius.
bawang putih - Antibiotik

 

Bawang Merah:
Ketika kita terserang batuk, mengkonsumsi bawang merah akan membantu mengeluarkan lendir dan bahan -bahan lainnya dari paru-paru, bronkus dan trakea. Mengkonsumsi bawang merah juga dapat membantu meningkatkan aliran darah serta berfungsi melawan radang.
Bawang merah-Antibiotik

 

Kubis
Sebagai jenis sayuran hasil persilangan, kubis telah lama diakui memiliki manfaat penyembuhan. Salah satunya adalah kemampuan kubis melawan senyawa belerang. Selain sayur kubis, daun kubis mentah juga digunakan untuk mengatasi kista fibro dan nyeri payudara karena menstruasi.
kubis-Antibiotik

 

Cabai
Rempah yang juga disebut dengan capsicum ini adalah rempah-rempah yang kuat dan telah digunakan selama ribuan tahun untuk penyembuhan dan efek antibiotik.

Cabai-AntibiotikCabai rawit sangat efektif untuk mengatasi vulvovaginitis, sebuah infeksi yang sangat umum terjadi pada wanita. Minyak esensial cabai rawit memeberikan efek anti jamur dan antibiotik.

 

Madu:
Selain berfungsi sebagai antibiotik, madu berfungsi sebagai anti-mikroba, anti-inflamasi, dan anti-septik. Kombinasi unik dari hidrogen peroksida, keasaman, efek osmotik, konsentrasi gula yang tinggi, dan polifenol membantu membunuh sel-sel bakteri.

Madu-AntibiotikUntuk mendapatkan hasil terbaik, pilihlah madu organik. Madu tersebut berfungsi untuk menghalangi pertumbuhan bakteri dan juga dapat mengobati infeksi yang diakibatkan oleh bakteri. Oleh karena itulah, mengkonsumsi madu sangat baik untuk tubuh anda sebagai antibiotik alami.

Teh Hijau:
Teh hijau tersebut berfungsi untuk membantu kinerja antibiotik. Ini dikarenakan, teh hijau mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang bermanfaat sebagai obat antibiotik alami.
Teh-hijau-Antibiotik-

 

 

[sgmb id=1]

2 thoughts on “Antibiotik alami di sekitar kita

  1. Ahhh when passion is there, everything is 🙂

  2. excelente artículo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *