Apakah Anda menyadari bahwa otak yang kita miliki mempunyai berat kurang lebih hanya 2% dari berat badan rata-rata orang dewasa, yaitu kurang lebih 1 – 1,5 kg saja untuk orang dewasa. dan otak memerlukan 20% konsumsi oksigen tubuh, dan membutuhkan 400 kilokalori energi setiap hari-nya. artinya otak kita merupahkan jaringan yang paling banyak memakai energi didalam tubuh manusia. energi ini didapatkan dari metabolisme oksidasi glukosa. meski Jaringan otak mengkonsumsi energi paling besar, jaringan ini sangatlah rentan terhadap perubahan oksigen dan glukosa darah. artinya aliran darah terhenti 10 detik saja ke arah otak sudah dapat menghilangkan kesadaran kita. Berhenti dalam beberapa menit, merusak permanen otak yang disebut Hipoglikemia yang berlangsung berkepanjangan juga merusak jaringan otak. ( Prince, Wilson, 2006:1024 )

Otak kita memiliki 100 miliar sel neuron, sel sel inilah yang mengatur banyak hal berupa lalu lintas informasi/pesan, dengan jumlah tersebut otak kita lebih banyak mengirimkan informasi / pesan yang dikirimkan seluruh telepon di seluruh dunia, dengan sel neuron ini juga mengatur dan mengkordinir, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh, homeostatis seperti tekanan darah, detak jantung, suhu tubuh, keseimbangan cairan, keseimbangan hormonal,mengatur emosi, ingatan, aktifitas motorik dan lain sebagainya. bahkan otak kita ini tidak akan berhenti bekerja meskipun saat kita istirahat tidur.

Informasi/pesan dari neuron di otak kita ini berbentuk pulsa listrik yang dikenal sebagai ‘potensial aksi’, kecepatan informasi neuron ini 241km/jam komunikasi dilakukan neuron ini termasuk mengirimkan informasi kepada tubuh Dengan demikian otak kita saat bekerja pada dasarnya melebihi kecepatan super komputer yang ada saat ini.

Berminat untuk sharing kepada teman & sahabat:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *