Selama ini vitamin C yang terkandung pada beberapa multivitamin berada dalam bentuk asam askorbat atau bentuk esternya. Menurut dunia medis standar dosis vitamin C yang dikonsumsi perharinya hanya 3 – 10 mg /KgBB/hari. Sehingga untuk menanggulangi hal – hal seperti efek samping misalnya :  ada efek samping tertentu seperti avitaminosis (kelebihan vitamin, Maag/gangguan lambung, Alergi preparat dan sebagainya.

Vitamin C adalah salah satu vitamin dan antioksidan yang penting. Antioksidan adalah pertahanan tubuh untuk melawan radikal bebas yang diproduksi secara terus menerus dalam jaringan tubuh dan diperbanyak lagi oleh sumber lain seperti stres, asap rokok dan polusi. Penelitian juga menunjukkan vitamin C dapat melindungi/melawan infeksi, katarak, penyakit alzheimer, kardiovaskuler, osteoartritis dan beberapa jenis kanker.

Tidak seperti vitamin A, D, E dan K, vitamin C bersifat larut dalam air sehingga tidak dapat disimpan lama di dalam tubuh. Artinya vitamin tersebut harus selalu tersedia setiap saat tidak hanya saat kita sakit. Vitamin C memiliki peranan penting dalam tubuh yaitu meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit (misal: sariawan, flu), mempercepat penyembuhan luka, berperan dalam pembentukan energi, berperan dalam pembentukan kolagen yang diperlukan untuk mempertahankan elastisitas kulit dan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas (misal: polusi udara).

dengan segala kelebihannya asam askorbat ( bahan dasar pembuatan vitamin C ) , ternyata jenis  Asam-asam tersebut akan memperlebar dan menambah parah luka yang ada di dinding lambung untuk penderita maag / asam lambung. Orang yang sakit maag memang tidak boleh makan yang berasa asam, terutama rasa asam dari buah-buahan yang mengandung asam sitrat dan asam askorbat atau asam cuka yang mengandung asam asetat, karena akan memperparah kondisi lambung. biasanya kita akan merasa mual saat asam lambung menjadi tinggi

Sehingga untuk menanggulangi hal – hal seperti efek samping misalnya , namun kini dengan kemajuan penelitian medis telah ada vitamin c generasi terbaru yang lebih aman dikonsumsi khususnya bagi kita yang memiliki asam lambung / sakit maag. hal ini di karenakan vitamin C ini bukan dibuat berbasiskan asam askorbat yang kurang bersahabat dengan kita yang memiliki asam lambung / sakit maag,  beberapa vitamin C generasi baru yang beredar di Indonesia aman dikonsumsi terutama bagi kita yang menderita asam lambung / maag :

1 . PureWay-C :

Vitamin C generasi terbaru ini terbuat dari bahan-bahan alami yaitu PureWay-C. “PureWay-C merupakan vitamin C yang 100 persen natural, untuk vitamin C nya berasal dari jagung, bioflavanoidnya berasal dari citrus dan untuk lipid metabolitnya berasal dari tanaman padi,” Kata Dr Pedro yang merupakan penemu dari PureWay-C ini.  Kandungan lipid metabolit yang terkandung dalam PureWay-C ini menjadikannya bekerja lebih cepat di pure-c-vitamin-c-ama-bagi-asam-lambungdalam tubuh dan lebih mudah diserap dibandingkan dengan jenis vitamin C lainnya sehingga meningkatkan kemampuan absorbsi, distribusi, bioavailabilitas . Yang umumnya jenis vitamin C yang sebelum ini ada hanya bisa larut di dalam air saja, sedangkan PureWay-C karena ia mengandung asam lemak maka vitamin ini juga bisa larut di dalam lemak yang membuatnya mampu bertahan lebih lama di dalam tubuh seseorang.

 

Nah, kabar yang saya dapatkan adalah kalau Vitamin C biasanya punya efek samping yaitu pada asam lambung dan juga dapat menimbulkan batu ginjal. Dan pada Pure Way C ini mereka mengklaim tidak ada efek samping seperti pada Vitamin C  sebelumnya, berarti lebih aman untuk dikonsumsi karena sarinya diambil dari jagung dan bahan alami lainnya,

Keuntungan lainnya adalah jika seseorang sedang sakit maka PureWay-C membantu menurunkan radang (memiliki sifat anti-inflamasi) sehingga proses penyembuhannya menjadi 60 persen lebih cepat dibanding vitamin C biasa. Serta memiliki tingkat keasaman yang sama dengan lambung sehingga tidak mengiritasi atau aman bagi lambung.  “Secara umum jenis vitamin C terbaru ini aman untuk dikonsumsi oleh siapa pun karena kandungannya 100 persen alami,”

2 . Esters-C  :

Perkembangan teknologi memang menyenangkan terutama pekembangan teknologi di dunia farmasi.

 

ester-c-botol-aman-lambungEster C yang telah dipatenkan merupakan Body Ready vitamin C kompleks yang mengandung mineral dan metabolit vitamin C, tidak bersifat asam dan aman buat lambung.

Ester C dalam bentuk tablet, dilengkapi Kalsium dan Bioflavonoids yang membantu mencegah gejala flu dan dapat berperan sebagai antioksidan untuk mencegah beberapa penyakit degeneratif, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki susunan kolagen dan mempercepat penyembuhan luka.

Karena Ester- C  menggunakan proses baru dalam pembuatan vitamin C. Dengan hanya menggunakan pelarut air suling sehingga tidak menyisakan alkohol atau aseton dalam produk akhirnya. Ester-C mengandung mineral penting dan metabolit threonat yang dapat membantu penyerapan vitamin C ke dalam sel-sel dan jaringan tubuh.

Ester-C merupakan vitamin C yang memiliki beberapa keuntungan:

    • Unik, dipatenkan dan tidak asam. Diproses secara alamiah sehingga menghasilkan metabolit yang dapat meningkatkan efisiensi penyerapan dan penyimpanan dalam tubuh.
    • Lebih cepat masuk ke dalam aliran darah, bertahan lebih lama dan mencapai sel-sel tubuh 4 kali lebih efisien dibanding vitamin C biasa.
  • Memberikan vitamin C yang optimal ke jaringan tubuh yang membutuhkan.

hasil penelitian ester-C ini sangat efektif, yaitu 4 kali lebih cepat masuk kealiran darah dan sel, juga 4 kali lebih lama bertahan di dalam tubuh di bandingkan vitamin C biasa

keunikan ester-C ini adalah dapat meningkatkan penyerapan iron (zat besi) sehingga ester C di anjurkan bagi penderita Anemia.

3 . VITALONG-C :

Vitalong C adalah Vitamin C 500 mg dengan sistem lepas berkala, sangat efesien daya kerjanya karena di dalam kapsul berisi granul-granul vitamin c yang larut secara bertahap di dalam tubuh akan terpenuhi tanpa khawatir nyeri lambung.

Vitalong C ini generiknya adalah asam askorbat , yaitu Tiap kapsul mengandung Acidum ascorbicum 500 mg, tapi diproses secara unik, yaitu dibuat granul-granul (bulat bulat halus ) sehingga saat di minum dan masuk ke lambung kita akan larut pelan2. yaitu tidak segera larut bersamaan, vitalong C adalah vitamin C 500mg yang memakai system time release atau pelepasan zat aktif secara berkala. tidak mengandung gula sehingga aman bagi penderita diabetes sekalipun, juga tidak mengiritasi lambung sehinggan aman bagi penderita gangguan lambung atau maag.

vitalong-c

apakah time release itu ..?
Time release adalah pelepasan zat aktif secara bertahap. Zat aktif pada
Vitalong C adalah vitamin C yang berkomposisi 500mg/kapsul nya.
Jika di ibarat kan, 1 butir vitalong C seperti 1 buah bawang merah yang
Memiliki lapisan2. begitu lah 1 butir nya vitalong C yang juga memiliki
Lapisan2. butiran vitalong C tidak larut oleh air, hanya zat asam dalam
Lambung yang bisa melarutkan nya. Dan lapisan2 butiran vitalong C tsb
Tidak langsung larut/habis di dalam lambung. Didalam lambung butiran
Vitalong C akan larut selapis demi selapis hingga habis dlm waktu 12jam.

meski vitalong C ini aman bagi lambung , sebaiknya saat mengkonsumsi vitalong C ini setelah makan.

Indikasi :

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama saat tubuh mengalami flu, infeksi, luka, masa kehamilan dan menyusui

Efektif untuk membantu penyerapan zat besi, mencegah kelainan akibat defisiensi vitamin C seperti : pendarahan gusi dan sariawan serta membantu pembekuan darah

Bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan vitamin c lebih banyak, seperti : perokok, mereka yang sering meminum minuman keras dan olahragawan serta mereka yang berkerja dalam lingkungan yang stress

.

.

baca juga tulisan terkait dengan bacaan diatas :

## Vitamin C dan asam lambung kita

Vitamin C bagi tubuh kita

 

[sgmb id=1]

6 thoughts on “Vitamin C yang aman bagi asam lambung / sakit Maag

  1. terima kasih saring informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *